SABTU , 23 SEPTEMBER 2017

Kasat Bimnas Mediasi / Pertemuan Antara Masyarakat Dengan Perusahan Petrogas.

By: Redaktur Tribrata Papua Barat
Rabu , 13 September 2017 18:12

Tribratanewspapuabarat.com-Pada hari Rabu, 13 September 2017 pukul  10.00 wit telah berlangsung giat mediasi antara masyarakat pemilik hak ulayat tanah jalan Petrogas dengan pihak perusahaan Petrogas yg sebelumnya telah di palang pada hari Selasa 12 September 2017, tepatnya di perempatan jalan Kelurahan Majener modan 2 Distrik Salawati. Adapun masyarakat pemilik hak ulayat yaitu ada 4 marga yaitu Nibra, Malakabu, Fees dan Mili.

IMG-20170913-WA0062

Hadir dalam giat pertemuan/mediasi tersebut yaitu Pihak pemilik hak ulayat : Jhon E.Nibra, George Malakabu, Metus Mili, Nikodemus Fees dan Boyke Fees
Pihak perusahaan Petrogas : Susmono, Marcus R, Johan Nanlohy, Bernard Suu beserta Hektor O. Fonataba
Pihak Pemda : Hans Y. Malak dan Ilham
Pihak mediator/Polres Sorong. AKP Elon Dany. DJ (Kasat Binmas), IPTU Vhalio Agafe SIK (Kapolsek Salawati)

IMG-20170913-WA0067

Giat pertemua di buka oleh Kasat Binmas Polres Sorong AKP ELON DANY. DJ mengucapkan terima kasih kepada Pihak pemilik hak ulayat , pihak Petrogas dan Pemerintahan Daerah atas kehadirannya serta meminta agar giat mediasi ini dapat berjalan dengan baik aman dan lancar sehingga menemukan solusi tampa merugiakan pihak manapun.

1. Penyampaian dari pihak pemilik hak ulayat yang di wakili saudara Jhon. E. Nibra mengatakan mengenai surat lamaran yg kami masukkan ke pihak perusahaan Petrogas sampai saat ini blm ada respon utk kami tapi mengapa masyarakat yang berada di wilayah seget dan sekitar ring 1 Perusahaan Petrogas langsung di terima padahal kami juga masyarakat termasuk ring 1 perusahaan krn tanah hak ulayat kami yang digunakan perusahaan untuk akses jalan.

2. Tanggapan dari pihak perusahaan Petrogas yg di wakili oleh GSP SUP Bpk. Johan Nanlohy mengatakan yang intinya bahwa memang sekarang Petrogas melakukan rekrutmen karyawan di bidang perminyakan namun untuk adik adik  yang berijasah SMA khusus yang berada di wilayah ring 1 atau masyarakat yang memiliki tanah adat yang ada kaitannya dengan operasi perusahaan Petrogas baik itu jalan dan lokasi lomasi sumur maka itulah yang di utamakan. Namun dalam proses rekrutmen juga melalui tahapan tahapan misalnya seleksi berkas dan cek kesehatan, jadi semua melalui proses ketenagakerjaan. Untuk rekrutmen karyawan gelombang berikutnya kami rencanakan dalam tahun ini juga dan kami fokuskan utk wilayah arar direncanakan paling lambat tgl 5 Oktober 2017. nanti berdasarkan hasil survei dari bidang humas perusahaan mengecek masyarakat mana saja yang berada di ring 1 serta sekalian mensosialisasikan tentang penerimaan karyawan tersebut, jadi adik adik yang pemilik hak ulayat wilayah Katapop bisa ikut.

3. Penyampain Kapolsek Salawati intinya menginginkan dari pihak perusahaan bila pada saat ada rekrutmen karyawan berikut khusus wilayah Polsek Salawati agar berkoordinasi tokoh adat, kepala Kampung bila perlu pasang/tempel brosurnya di Polsek Salawati agar tidak terjadi miskomunikasi antara masyarakat pemilik hak ulayat dengan pihak perusahaan Petrogas.

IMG-20170913-WA0068

Pemilik hak ulayat ke 4 marga bersedia membuka palang hari ini dan pertemuan berikutnya di laksanakan di Polsek Salawati pada tgl 5 Oktober 2017 antara pihak pemilik hak ulayat dan Kapolsek Salawati utk membahas tetang rencana rekrutmen karyawan gelombang berikutnya. Pukul 12.30.wit giat pertemuan telah selesai dalam keadaan aman.


Komentar

Create Account



Log In Your Account