JUMAT , 18 JANUARI 2019

Sosialisasi Dipa TA.2019 Dan Penyerahan RPD / Rendisgar Kepada Masing-Masing Subsatker Dan Polsek Jajaran Polres Kaimana

By: Redaktur Tribrata Papua Barat
Jumat , 11 Januari 2019 09:01

Tribratanewespapuabarat.com- Bertempat di aula tunggal panaluan polres kaimana, Kapolres kaimana AKBP Robertus A. Pandiangan SIK MH. memimpin jalannya sosialisasi Dipa TA.2019 dan penyerahan RPD / Rendisgar kepada masing-masing subsatker dan polsek jajaran polres kaimana yang di saksikan oleh Waka polres kaimana Kompol Ismail Ibrahim yang di berikan kepada masing-masing kabag, kasat, kapolsek maupun terhadap satker yang memiliki Dipa. Kamis [10/1/2019].

4D445F0E-90B0-4CED-844A-013AF5ABBBA0

Kegiatan sosialisasi di buka oleh kabag ren polres kaimana dengan memperlihatkan ke layar dan memaparkan jumlah Dipa polres kaimana tahun 2019 untuk di ketahui bersama oleh semua peserta sosialisasi yang hadir di antaranya para kabag, kasat, Kapolsek dan satker yang memiliki dipa agar di laksanakan sesuai dengan peruntukannya.

Sambutan kapolres kaimana yang mana sedikit mengulas kembali sambutan Kapolda papua barat tentang sambutan presiden republik indonesia pada rapat penyerahan dipa di akhir tahun 2018 oleh Bpk. Presiden republik indonesia kepada seluruh jajaran kementerian dan lembaga serta seluruh gubernur se-indonesia dengan tujuan agar dilaksanakannya percepatan penggunaan anggaran di masing-masing kementerian dan lembaga.

Begitu pula penekanan Kapolda papua barat agar anggaran dipa tahun 2019 yang telah diserahkan kepada masing-masing satker dan polres jajaran untuk di pergunakan sesuai dengan kegiatan berdasarkan rencana penarikan dan pendistribusian anggaran yang sudah diserahkan terhitung mulai tanggal 4 januari 2019.

Pada tahun 2019 ini Alokasi anggaran yang di kelola oleh polres kaimana mengalami peningkatan mencapai 12℅ dibandingkan tahun 2018, kenaikan tersebut antara lain karena adanya alokasi anggaran untuk mendukung kegiatan pelaksanaan operasi mantab brata mansinam 2019 yang sudah teralokasi pada dipa satker bag ops polres kaimana.

9DB7015A-3FED-486C-AFB7-5EE137A0823E

Terkait dengan anggaran operasi mantab brata mansinam 2019 (OMB) yang telah di salurkan ke masing-masing polres jajaran polda papua barat agar pemanfaatannya secara benar dan dapat di pertanggung jawabkan, wujud keterbukaan atau transparansi anggaran rutin pada dipa maupun anggaran OMB 2019, antara lain dapat di wujudkan dalam bentuk pemasangan banner atau pemasangan spanduk pada masing-masing subsatker sebagaimana yang telah dilaksanakan atau di buat pada tahun 2018.

Selain acara sosialisasi penyerahan dipa polres kaimana tahun 2019 ini, juga dilaksanakan penandatanganan pakta integritas yang merupakan bagian yang tidak terpisahkan dalam pengelolaan anggaran, pakta integritas yang di tanda tangani oleh para kasubsatker polres kaimana merupakan suatu pernyataan janji bersama atau komitmen kesanggupan untuk patuh dan taat terhadap ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku khususnya dalam pengelolaan anggaran di kasubsatker masing-masing.

Sebelum saya akhiri sambutan ini ada beberapa penekanan Kapolda papua barat yang perlu disampaikan terkait dengan pelaksanaan anggaran tahun 2019 yakni, 1. penetapan pejabat pengelolaan satker oleh masing-masing KPA, 2. menyusun disbursement plan, 3. menganalisa dan mengevaluasi kesesuaian antara kegiatan output, 4. mengefektifkan koordinasi dengan kantor wilayah perbendaharaan dan kantor KPPN, 5. pengelolaan anggaran wajib mempedomani prinsip ekonomis, efesien, efektif dan akuntabel, 6. meningkatkan kualitas sumber daya manusia ( Capaticy bulding ), 7. Pedomani sasaran prioritas dalam Renstra, renja serta target output dan outcome kinerja satker tahun 2019.

 


Komentar

Create Account



Log In Your Account