SELASA , 17 SEPTEMBER 2019

Kapolres Raja Ampat diwakili oleh Kasat Binmas mengikuti Sosialisasi Pembudayaan Kegemaran Membaca Perpustakaan Nasional Republik Indonesia

By: Redaktur Tribrata Papua Barat
Jumat , 13 September 2019 09:13

Tribratanewspapuabarat.com-Hari Rabu, 11 September 2019 pukul 09.30 Wit bertempat di Aula kantor Bappeda Kab. Raja Ampat telah dilaksanakan Sosialisasi pembudayaan kegemaran membaca perpustakaan nasional RI.

IMG-20190913-WA0075

Adapun yang hadir dalam kegiatan ini Manuel Piter urbinas. Spim Msi (Wakil Bupati Kab. Raja Ampat), Hasan Tamima S.sos (Kadis Perpustakaan), Dra. Nani Suryani. Msi (kepala bidang pengkajian dan pemasyarakatan minat baca perpustakaan nasional RI), Drs. Dodi pribadi. MM. Msi (Pustakawan ahli madya perpustakaan RI), Roisie Setiawan. SH (pegiat literasi), Martha Sanadi S.Pd (Kadis sosial), IPTU Asihin (Kasat Binmas), Hj. Hanafi. (Imam masjid agung Waisai), Mayor inf Agus Padang (Kasdim 1805 Raja Ampat), Yulianus Mambraku SH (Ass III kab raja ampat), Guru TK, Guru SD, Michael Mirino (Lurah Bonkawir), Muhajidin Saleo (Lurah Waisai kota), Honorer Pemkab Raja Ampat, Rani Haerani. S.kom (pustakawan ahli pertama), Nining Setyaningsih (administrasi umum), J.M. Sauyai. SE. MM (Sekretaris dinas P & P).

Sambutan ketua Tim yang di sampaikan oleh ibu Dra. Nani Suryani M.Si (Kepala bidang pengkajian dan pemasyarakatan minat baca perpustakaan Nasional RI) ;
Kita sama-sama mengikuti pembukaan acara sosialisasi pembudayaan kegemaran membaca yang merupakan kerjasama antara perpistakaan Nasional Indonesia dengan pemerintah Kabupaten Raja Ampat.

Perpustakaan adalah sebagai bentuk perwujudan eksistensi dan peran strategis perpustakaan sebagai institusi penyedia bahan-bahan bacaan dalam rangka peningkatan kegemaran membaca masyarakat baik itu melalui keluarga, satuan pendidikan dan tentunya masyarakat.

Perpustakaan mempunyai peran dalam pengembangan potensi masyarakat pada pembuatan mentalitas budaya yang sejalan dengan agenda revolusi mental yaitu melalui terwujudnya masyarakat yang berbudaya revolusi mental mempunyai suatu gerakan untuk seluruh lapisan masyarakat yang dalam hal ini baik pemerintah maupun seluruh rakyat dengan cara yang tepat untuk mengangkat kembali nilai-nilai strategis yang diperlukan oleh bangsa dan negara.

Tentunya untuk mampu menciptakan ketertiban dan kesejahteraan rakyat sehingga dapat memenangkan persaingan di era global ini dapat diartikan juga sebagai gerakan mengubah cara pandang, pikiran maupun sikap dan perilaku setiap orang untuk berorientasi pada kemajuan dan kemakmuran sehingga Indonesia menjadi bangsa yang besar yang mampu berkompetensi dengan bangsa-bangsa lain di dunia.

IMG-20190913-WA0073

Berdasarkan undang-undang Nomor 43 Tahun 2007 tentang perpustakaan khususnya pada pasal 48 sampai dengan 51 mengenai pembudayaan kegemaran membaca bahwa pemuda yang gemar membaca ini dilakukan oleh keluarga tentunya keluarga memegang peranan yang penting dalam bagaimana menghubungkan menumbuhkembangkan kita pada lingkungan keluarga.

Kegiatan program-program inovasi untuk mengimbangi kemajuan teknologi dan informasi yaitu melalui ipusnas kita bisa membaca buku melalui Android aplikasi dalam genggaman kita bisa digunakan untuk fasilitas membaca dengan cara kita masuk link website perpustakaan Nasional dan mendaftar menjadi anggota secara online dan Bapak Ibu bisa berselancar menggunakan dan membaca semua koleksi yang ada di Ipusnas tersebut.

Apresiasi dan penghargaan yang setinggi-tingginya untuk bapak bupati atau wakil bupati yang ada di Kabupaten Raja Ampat yang sudah berupaya bagaimana pergerakan perpustakaan dan minat baca masyarakat dan tentunya melalui program-program aplikasi di daerah.

Sambutan Bupati Kab Raja Ampat yang di sampaikan oleh Bapak Wakil Bupati Kab Raja Ampat sekaligus membuka dengan resmi kegiatan sosialisasi gemar membaca.

Dilanjutkan dengan penyerahan Plakat dari perpustakaan nasional RI kepada Pemda kab raja ampat. Pukul 10.18 Wit seluruh rangkaian Pembukaan kegiatan selesai.

*Humas Polres Raja Ampat*


Komentar

Create Account



Log In Your Account