MINGGU , 23 FEBRUARI 2020

Wakapolres Teluk Bintuni Pimpin Upacara Peringatan HUT Satpam Ke-39 Tahun 2019

By: Redaktur Tribrata Papua Barat
Selasa , 21 Januari 2020 12:58

Tribratanewspapuabarat.com – Kepolisian Resor Teluk Bintuni, Bertempat di Lapangan Mapolres Teluk Bintuni Wakapolres Teluk Bintuni Kompol Markus Gasirarie, SH bertindak sebagai Inspektur Upacara dalam rangka Upacara Peringatan HUT Satpam ke-39 Tahun 2019. Selasa (21/01/2020) Pagi

IMG-20200121-WA0047

Yang mana hadir dalam Upacara Kaban Kesbangpol AKBP T.W Taborat, Staf Gardatama LNG Kadek Putu, Perwakilan BUMN Siska Rumbino, Kabag Ops, Kabag Sumda, Kasat Narkoba, Kasat Lantas, Kasat Binmas, Kasat Tahti, Kapolsek Bintuni, Danki Brimob Bintuni serta para perwira Polres Teluk Bintuni.

Pasukan upacara Satu Pleton Brimob Bintuni, Satu Pleton Dalmas Polres Teluk Bintuni, Satu Pleton Sat Lantas, Satu Pleton Gabungan Satpam, Satu Pleton Gabungan Staf Polres Teluk Bintuni, Satu Pleton Gabungan Reskrim, Intelkam dan Resnarkoba.

IMG-20200121-WA0046

Marilah kita mengucapkan puji dan syukur ke hadirat Allah DWT, Tuhan Yang Maha Kuasa, karena atas limpahan rahmat dan karunia-Nya, kita dapat mengikuti Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun ke-39 Satuan Pengamanan, dalam suasana khidmat dan penuh kebanggaan.

Selaku Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia, saya mengucapkan selamat ulang tahun ke-39 kepada seluruh personel Satuan Pengamanan di manapun bertugas. Momentum ini kiranya dapat dijadikan sebagai sarana evaluasi terhadap eksistensi dan kinerja Satuan Pengamanan, guna pembenahan dan penyempurnaan dalam pelaksanaan tugas di masa yang akan datang.

IMG-20200121-WA0050

Perlu diketahui bahwa dinamika lingkungan strategis pada tataran global dan regional senantiasa memberikan dampak terhadap kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. Di satu sisi, kemajuan teknologi dan kemudahan distribusi informasi sebagai ciri dari globalisasi, merupakan potensi besar bagi bangsa Indonesia untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Namun di sisi lain, fenomena ini justru melahirkan berbagai potensi gangguan dan kejahatan berdimensi baru, yang berimplikasi terhadap kompleksitas tugas dan tanggung jawab institusi Polri.

Dalam menghadapi kompleksitas tantangan tersebut, Polri emerlukan dukungan dan peran aktif dari seluruh komponen masyarakat, termasuk Satuan Pengamanan sebagai profesi yang luhur dalam mengemban tugas dan fungsi kepolisian secara terbatas pada lingkungan kerjanya. Sehubungan dengan konteks tersebut, peringatan Hari Ulang Tahun Satuan Pengamanan tahun 2019 ini mengangkat tema *”SATUAN PENGAMANAN BERBASIS KOMPETENSI MEWUJUDKAN SDM UNGGUL UNTUK TERCIPTANYA SITUASI KAMTIBMAS YANG KONDUSIF DAN TERJAMINNYA KEAMANAN DI LINGKUNGAN KERJA MENUJU INDONESIA MAJU”*

IMG-20200121-WA0041

Satuan Pengamanan memiliki peran strategis, baik dalam upaya pemeliharaan Kamtibmas di lingkungan kerja, maupun dalam mendukung iklim investasi yang kondusif sebagai salah satu perhatian pemerintah guna memacu pertumbuhan ekonomi. Jaminan keamanan pada lingkungan badan usaha dan sektor industri, akan mampu meningkatkan kepercayaan terhadap negara yang pada akhirnya bisa berdampak positif bagi iklim berinvestasi di Indonesia.

Sehubungan dengan hal tersebut, kehadiran Satpam sebagai mitra Polri dalam upaya pemeliharaan Kamtibmas, dituntut semakin profesional. Dalam implementasinya, personel Satuan Pengamanan harus mampu mendeteksi setiap potensi kerawanan, melakukan tindakan pertama dan pencegahan dengan tepat, serta melaporkannya kepada pihak kepolisian untuk segera dilakukan Iangkah-Iangkah antisipasi. Dengan demikian, eksistensi Satpam dapat semakin memberikan kontribusi nyata untuk mewujudkan keamanan di lingkungan tugasnya masing-masing. “Tegas Kapolri”

IMG-20200121-WA0044

Sebelum mengakhiri amanat ini, terdapat beberapa hal yang perlu disampaikan kepada seluruh personel Satuan Pengamanan untuk dipedomani dan dilaksanakan, sebagai berikut:

Pertama, senantiasa tingkatkan keimanan dan ketakwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa, sebagai landasan moril dalam mengemban amanah profesi yang luhur dan mulia.

Kedua, jaga kehormatan pribadi dengan berpegang teguh pada kode etik dan profesi Satuan Pengamanan, serta melaksanakan tugas dengan penuh tanggung jawab.

IMG-20200121-WA0037

Ketiga, bangun komunikasi positif dengan seluruh komponen masyarakat, serta tingkatkan kerja sama sinergis dengan jajaran Polri dan seluruh stakeholders lainnya dalam memelihara stabiIitas keamanan di lingkungan kerja.

Dalam kesempatan yang baik ini, selaku pimpinan Polri, saya mengucapkan terima kasih dan menyampaikan penghargaan kepada seluruh komunitas security, personel Satuan Pengamanan, pimpinan Badan Usaha Jasa Pengamanan dan Asosiasi Badan Usaha Jasa Pengamanan, serta segenap stakeholders terkait lainnya, atas dukungan kepada institusi Polri dalam menjaga stabilitas Kamtibmas yang kondusif. Semoga kerja sama ini, dapat senantiasa terpelihara dengan baik dan terus ditingkatkan.

Usainnya upacara HUT Satpam ke 39 Tahun 2019 berjalan dengan aman dan kondusif selanjutnya Inspektur Upacara bersalaman dengan para tamu undangan.

_*Humas Polres Teluk Bintuni*_


Komentar

Create Account



Log In Your Account