MINGGU , 31 MEI 2020

Wakapolres Mansel KOMPOL SUROTO menghadiri Rapat tentang rencana persiapan Pelaksanaan shalat idul fitri tahun 1441 H / Tahun 2020 M oleh Umat Muslim di Ransiki Kabupaten Mansel

By: Redaktur Tribrata Papua Barat
Jumat , 22 Mei 2020 17:51

Tribratanewspapuabarat.com-Pada hari Jumat tanggal 22 Mei 2020 Pukul 10.19 Wit bertempat di Masjid An Nur Ransiki Jln.Sujarwo Condronegoro,SH Abresso Distrik Ransiki Kabupaten Mansel *”dilaksanakan Rapat tentang rencana persiapan Pelaksanaan shalat idul fitri tahun 1441 H / Tahun 2020 M oleh Umat Muslim di Ransiki Kabupaten Mansel”.*

IMG-20200522-WA0141

Turut hadir dalam pertemuan yaitu :

a. Kompol Suroto (Waka
Kapolres Mansel /
mewakili kapolres
Mansel).
b. H.Samsul Sami (Ketua
Masjid Mansel / Ketua
PHBI Ransiki)
c. Ust.Firman Rumakat
(Ketua KUA Ransiki)
d. Ust.Jumadin (imam
Masjid an-nur Ransiki)
e. Ustd.Nidin
f. H.Dg Gangka (Ketua
Masjid An-Nur Ransiki)
g. Hamid Paus Paus
h. Ustd. Ridwan (imam
Masjid an-nur Ransiki)
i. Utd.Muhtasor (imam
Masjid an-nur Ransiki).
j. Jumlah Peserta hadir
+ 15 orang.

Adapun Rangkaian Kegiatan sbb:

a. Pukul 10.19 Wit pembukaan

b. Pukul 10.19 Wit Penyampaian oleh H Samsul Sami ((Ketua Masjid Mansel / Ketua PHBI Ransiki) yang intinya :

1) Rasa syukur kita panjatkan kepada allah swt karena hari ini kita dapat bertemu dalam pertemua antara tokoh agama islam di Distrik Ransiki dengan anggota kepolisian Polres Mansel tidak terlepas dari rencana shalat idul fitri 1 syawal 1441 H / tahun 2020 dimana kemarin di Distrik Oransbari sudah melaksanakan pertemuan yang sama.

c. Pukul 10.20 Wit Penyampaian oleh Kompol Suroto (Waka Polres / mewakili kapopres Mansel) yang intinya :

1) Alhamdulilla senantiasa kita panjatkan kepada Allah Swt karena atas rahmatnyalah sehingga pagi ini kita dapat kumpul di tempat ini mudah mudahan kita selalu mendapat bimbingan dan rahmat dari Allah Swt dan baginda Nabi Muhammad Saw selaku pengikutnya.

2) Harapan kita semoga kita yaitu mari kita sebagai Umat Nabi Muhammad saw jangan lupa sampaikan salam dan salawatnya dengan harapan kelak hari yaumilkiamat dikemudian hari kita mendapat syafaat dari Allah swt.

3) Kita dapat info terkait shalat idul fitri 1 syawal 1441 H / tahun 2020 bagi Umat Muslim di Ransiki yang mana akan melaksanakan shalat di lapangan / Masjid.

4) Untuk itu Bapak Kapolres Mansel berpesan kepada saya karena tidak dapat hadir dalam pertemuan ini mengingat aktifitas lain diluar bahwa kita sebagai aparat kepolisian berpegang teguh kepada aturan yang telah dikeluarkan berupa surat edaran dan maklumat oleh Pemerintah Pusat terkait Covid-19.

5) Untuk shalat idul fitri 1 syawal 1441 H / tahun 2020 diharapkan kepada Umat Muslim di Ransiki dan kabupaten Mansel pada umumnya agar dilaksanakan shalat di rumah masing-masing.

6) Namun tidak menutup kemungkinan dari Bapak Bapak jabarkan lain.

7) Beberapa waktu lalu kita juga sudah menghimbau kepada Umat Nasrani untuk tidak melaksanakan pawai obor dan perayaan hari Paskah di gereja gereja namun tetap melaksanakan di rumah masing masing.

8) Untuk itu kami mohon agar Bapak Bapak sekalian dapat memahami hal ini, yang menentukan Daerah Mansel merah kuning atau hijau berdampak pandemi Vovid-19 adalah Ketua Tim Gugus tugas Covid-19.

9) Untuk takbir keliling agar di tiadakan dan kalau laksanakan takbir di Masjid silahkan dan waktunya agar di tentukan karena di Mansel bukan hanya Agama Muslim tapi juga ada Pemeluk Agama lain, untuk itu mari kita selalu menjaga kerujuna antara umat beragama.

d. Pukul 10.27 Wit Penyampaian oleh H.Samsul Sami yang intinya :

1) Adapun terkait isyu bahwa Umat Muslim di Ransiki akan melaksanakan shalat idul fitri 1 syawal 1441 H / tahun 2020 di lapangan tidak benar.

2) Yang jelas saya mendapat surat yang di kirimkan melalui grup Wahsapp Partai Nasdem yang mana surat tersebut merupakan surat telegram kapolri yaitu Str kapolri Nomor : ST/ 1481 / V / Ops: / 2020 tanggal 19 Mei 2020 yaitu pada Poin C buntir 6 yang menyatakan bahwa Melaksanakan penjagaan, pengamanan dan pengaturan penerapan Protokol kesehatan secara ketat apabila terdapat kelompok Masyarakat yang memaksakan tetap melaksanakan shalat idul fitri 1441 H / tahun 2020 secara Berjamaah atau kegiatan ibadah lainnya yang menyebabkan berkumpulnya orang dalam jumlah banyak (shalat Tarawih, shalat Idul fitri dll), dan juga surat telegram tersebut ditujukan bagi Anggota Polri dan PNS Polri serta keluarga untuk laksanakan shalat di rumah.

3) Kenapa Ketua BKAD Mansel yaitu Bapak Adolof Kawey mereka dapat melaksanakan pesta selama dua hari dua malam, sedangkan kami minta agar shalat idul fitri 1 syawal 1441 H diijinkan paling lama hanya 2 jam untuk berdoa kepada Allah agar mengankat wabah Covid-19 dari muka bumi ini.

e. Pukul 10.31 Wit Penyampaian oleh Bpk Wagimin Wiyono yang intinya :

1) Kami minta tetap akan melaksanakan shalat idul fitri 1441 H / tahun 2020 di masjid dengan tetap memperhatikan Protokol Covid 19.

IMG-20200522-WA0139

2) Untuk itu mohon kiranya kita dijaminkan dengan surat ijin keramaian dari kepolisian dan harapan kami semoga Allah swt aminkan.

3) Apapun pelaksanaan shalat tetap kita laksanakan di masjid dengan tetap menjaga jarak.

4) Kalau kita lihat kenapa di pasar tiap hari orang lakukan aktifitas tapi tidak dilarang.

5) Untuk itu kami minta kebijakan kepolisian harus ada dengan situasi dan kondisi saat ini karena kita laksanakan shalat idul fitri paling lama 1 jam.

f. Pukul 10.34 Wit Penyampaian oleh Kompol Suroto (Waka Polres Mansel) yang intinya :

1) Pada intinya kami kepolisian tetap berpegang teguh dengan aturan berupa himbauan dan instruksi yang telah dikeluarkan oleh pemerintah Pusat.

2) Polisi hanya menjaga jangan sampai terjadi kecemburuan sosial antara umat karena sebelumnya saat pawai obor dan Perayaan hari Paskah oleh Umat Nasrani ketika itu kami juga menghimbau kepada Umat Nasrani agar supaya tetap melaksanakan ibadah di rumah masing masing.

g. Pukul 10.38 Wit Penyampaian oleh H.Samsul Sami yang intinya :

1) Secara institusi kami ucapkan terima kasih kepada kepolisian yaitu kepada kapolres mansel yang dalam hal ini diwakili oleh waka Polres Mansel yang telah menjalankan himbauan dan intruksi dari pemerintah pusat terjait pencegahan penyebaran wabah Covid-19.

h. Pukul 10.41 Wit Penyampaian oleh ustd.Muhtasor yang intinya :

1) Berkenan dengan shalat idul fitri 1 syawal 1441 H / tahun 2020 dimana hukumnya sunah karena tidak dilaksanakan juga tidak apa apa, karena kepolisian juga hanya menjalankan tugas.

2) Kami Masyarakat akan melaksanakan shalat dengan akan diberlakukan social distencing.

3) Karena klo aparat mengijinkan maka sangat fatal dan apabila kami mau ditindak berdasarkan hukum maka kami juga siap terima konsekuensinya karena kami tetap akan melaksanakan sahalat idul fitri di masjid.

i. Pukul 10.44 Wit Penyampaian oleh Kompol Suroto (Waka Polres /mewakili Kapolres Mansel) yang intinya :

1) Kita petugas keamanan tetap berpegang teguh pada aturan yang telah dikeluarkan oleh pemerintah Pusat.

2) Kami Kepolisian tetap akan berpatroli dan kami kuwatir akan adanya kecemburuan sosial dari pemeluk Agama dan Organisasi lain.

3) Kita kembali kepada Umat karena bahwa untuk pelaksanaan shalat idul fitri 1441 H sesuai dengan social distencing Covid-19.

4) Tugas kita melihat adanya kerumunan kita harus bubarkan dan harapan kami kepada Umat Muslim agar tetap laksanakan shalat idul fitri 1 syawal 1441 H di rumah masing masing dalam upaya pencegahan penyebaran Covid-19.

j. Pukul 10.50 Wit Penyampaian Oleh H.Samsul Sami yang intinya :

1) Kami kuatirkan apabila dalam pelaksanaan shalat idul fitri lalu oleh Anggota Polri melaksanakan pengamanan di Masjid karena jangan sampai pemeluk Agama lain mengartikan bahwa Polisi mengijinkan Umat muslim melaksanakan shalat di Masjid.

k. Pukul 10.52 Penyampaian oleh Kompol Suroto (Waka Polres / Mewakili Kapolres Mansel) yang intinya :

1) Pada intinya kami Polisi tidak mengijinkan Umat Muslim untuk melaksanakan shalat idul fitri di masjid / lapangan dalam upaya pencegahan penyebaran Covid-19 berdasarkan himbauan dan maklumat pemerintah pusat Jakarta.

l. Pukul 11.54 Wit kegiatan selesai.

*Humas Polres Mansel*


Komentar

Create Account



Log In Your Account