JUMAT , 24 NOVEMBER 2017

Filosofi Logo

By: Administrator
Rabu , 29 Juni 2016 11:14

LOGO POLRI
logo polri

Bernama Rastra Sewakottama yang berarti Polri adalah abdi utama rakyat. Sebutan itu adalah Brata pertama dari Tri Brata yang diikrarkan sebagai pedoman hidup Polri sejak 1 Juli 1954. Polri yang tumbuh dan berkembang dari rakyat dan untuk rakyat, memang harus berinisiatif dan bertindak sebagai abdi sekaligus sebagai pelindung dan pengayom rakyat. Prinsip itu diwujudkan dalam bentuk logo dengan rincian  :

 

  1. Perisai bermakna pelindung rakyat dan negara.
  2. Tiang dan nyala obor bermakna penegasan tugas Polri, disamping memberi sesuluh atau penerangan juga bermakna penyadaran hati nurani masyarakat agar selalu sadar akan perlunya kondisi kamtibmas yang mantap.
  3. Pancaran obor yang berjumlah 17 dengan 8 sudut pancar berlapis 4 tiang dan 5 penyangga bermakna 17 agustus 1945, hari Proklamasi Kemerdekaan.
  4. Tangkai padi dan kapas menggambarkan cita-cita bangsa menuju kehidupan adil dan makmur, sedang 29 daun kapas dengan 9 putik dan 45 butir padi merupakan suatu pernyataan tanggal pelantikan Kapolri pertama 29 September 1945 yang dijabat oleh Jenderal Polisi Raden Said Soekanto Tjokrodiatmodjo.
  5. 3 bintang di atas logo bernama Tri Brata adalah pedoman hidup Polri
  6. Sedang warna hitam dan kuning adalah warna legendaris Polri.
  7. Warna kuning keemasan : perlambang kebesaran jiwa dan keagungan hati nurani segenap prajurit Polri.
  8. Warna hitam adalah lambang keabadian dan sikap tenang mantap yang bermakna harapan agar Polri selalu tidak goyah dalam situasi dan kondisi apapun. Periode 17 Agustus 1947 s/d 1950.

 

LOGO POLDA PAPUA BARAT


logo_papuabarat

PENJELASAN

Papua Barat terkenal dengan keindahan alam lautnya sehingga direpresentasi ke dalam 5 Pulau yang menjadi icon Kepulauan sebagai identitas Provinsi Papua Barat diantaranya terdiri dari :

Representasi dari Bentangan Kepulauan di wilayah Kaimana, Pulau Triton yang terkenal dengan keindahan alam laut dan tebing sebagai identitas Kabupaten Kaimana

Bentangan Kepulauan di wilayah Fakfak yang terkenal dengan Pulau Tiga         sebagai gugusan dari Kepulauan Karas yang juga terkenal dengan keindahan alam lautnya

Representasi dari Bentangan Kepulauan Raja Ampat yang sudah terkenal sebagai destinasi wisata Internasional dengan segala kehidupan Hayati di dalamnya berikut kekayaan sumber daya alamnya

Representasi dari Pulau Mansinam yang penuh nilai histori bagi masyarakat Papua dimana 2 Missionaris asal Belanda dan Jerman bernama Carl Wilhelm Ottow dan Johan      Gottlob Geissler menginjakan kaki untuk pertama kalinya pada tanggal 5 Februari 1885 untuk membawa peradaban baru di Tanah Papua

Representasi dari Kepulauan di Teluk Wondama/ Wasior yang termasyur dengan bentangan Pulau kecil seperti Pulau Rumberpon, Nusuka dan Nusrowi berikut garis pantai nan indah dengan kekayaan terumbu karang di dalam lautnya.

 

Icon segi lima merupakan representasi dari Pancasila sebagai dasar Negara yang menjadi building block/Batu Bangun dan falsafah bagi setiap warga negara dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Selain Tri Brata dan catur Prasetya, Polda Papua Barat juga menjadikan Pancasila sebagai ideologi dalam pelaksanaan tugas serta diyakini dan dijaga sebagai sebuah ideologi Bangsa.

 

Makna gambar lambang PADI adalah menunjukan cita-cita untuk tercukupinya kebutuhan pangan, atau makanan yang melimpah untuk seluruh lapisan masyarakat. Sedang makna Gambar Lambang KAPAS adalah menunjukan cita-cita untuk tercukupinya kebutuhan sandang dan papan dan kebutuhan sekunder lainnya untuk seluruh lapisan masyarakat.

Lambang PADI dan KAPAS menunjukan cita-cita Polda Papua Barat untuk turut serta mewujudkan masyarakat yang bahagia, makmur dan sejahtera.

Laut merupakan representasi dari icon kekayaan alam laut yang dimiliki provinsi Papua Barat

Sebagai nilai filosofis bagi Polda Papua Barat untuk senantiasa berpikir laus dalam menghadapi setiap tantangan tugas khususnya dalam menjaga Kamdagri di wilayah hukum Papua Barat.

Lingkaran dengan ruang putih dan list merah merupakan representasi dari kesatuan utuh antara masyarakat dan alamnya dalam bingkai kehidupan berbangsa dan bernegara. Warna list merah dan ruang putih sebagai warna legendaris penuh makna masyarakat Indonesia mencerminkan tekad untuk menjaga wilayah Papua Barat sepenuhnya utuh dalam bingkai NKRI

Ikon manusia yang sedang mendayung di atas kapal merupakan representasi dari sejarah masyarakat Papua Barat yang notabene menggunakan kapal sebagai sarana penting dalam kehidupan sehari – hari. Ikon ini dimaknai sebagai komitmen Polda Papua Barat dalam mengarungi segala tantangan tugas serta menghadapi setiap gangguan keamanan dengan penuh kehati – hatian dan sikap pantang menyerah.

Ikon gunung merupakan representasi dari pegunungan arfak dengan langit cerah sebagai terminologi contur pegunungan yang mewarnai topologi geografis Provinsi Papua Barat.

Hati yang teguh dalam memegang prinsip juga dilambangkan seperti gunung yang kokoh yang tidak mudah dibelokan oleh angin maupun hujan badai.

 


Create Account



Log In Your Account